Teknologi Lifi – Manfaat Energi Cahaya Untuk Komunikasi Saat Ini

Teknologi Lifi - Manfaat Energi Cahaya Untuk Komunikasi Saat Ini

Sama seperti istilah ‘Teknologi Lifi’ yang menyiratkan aplikasi seukuran manusia untuk ponsel, Transportasi Lifi adalah teknologi transportasi masa depan yang menggabungkan LiFi dengan teknologi seperti tampilan holografik, chip pintar, dan tampilan kontrol lalu lintas udara untuk memungkinkan pengangkutan penumpang secara real-time. dan kargo. Maju cepat ke luar 2021, dan kehidupan akan bermanfaat dalam penerbangan ber-AC, di pesawat terbang, kapal pesiar, di antara tempat-tempat lain. Bahkan ada desas-desus bahwa orang Jepang mungkin bisa memproduksi chip LiFi yang cukup kecil untuk muat di telapak tangan pengguna!

Apa yang unik dari teknologi Lifi? Ini bergantung pada prinsip bahwa komunikasi cahaya menggunakan gelombang atau frekuensi hanya dapat menempuh jarak tertentu di sepanjang jalur tertentu. Sebagai ilustrasi, jika Anda mengambil berkas komunikasi cahaya dari mercusuar ke kota, sinyal Anda akan terblokir oleh gedung, gunung, dll. Jika Anda mengambil berkas komunikasi cahaya dari mercusuar ke kota, sinyal tidak akan membelok ke pohon, gedung, dll. Prinsip di balik bentuk komunikasi cahaya ini berdasar pada alasan yang sama yang terpakai di belakang telepon nirkabel.

Baca Juga : Kit Mobil Listrik Untuk Memperbarui Mobil Anda

Jadi, bagaimana Teknologi Lifi memanfaatkan prinsip-prinsip ini untuk membuat aplikasi baru? Secara teori, ini menggunakan dua jenis gelombang: gelombang radio atau gelombang mikro. Yang merupakan pembawa utama jaringan nirkabel yang digunakan saat ini; dan infra merah atau sinyal cahaya, yang tidak terpengaruh oleh objek yang menghalanginya. Ponsel cerdas berisi semikonduktor kecil yang memancarkan cahaya saat aplikasi bernama Lifi Scanner merasakan suatu tempat menarik. Pemindai berfungsi seperti lensa ultrasonik, memfokuskan dan mengumpulkan berkas cahaya dari benda yang lewat. Setelah cahaya terkumpul, maka secara elektronik terdeteksi menjadi file digital, di mana cahaya tersebut diubah menjadi format elektronik yang sesuai untuk transmisi melalui jaringan seluler atau WiFi. File ini kemudian berjalan di sepanjang jaringan sampai menemukan router, yang mengirimkan data.

Teknologi Lifi Bukan Koneksi Internet Nirkabel

Teknologi Lifi bukanlah koneksi internet nirkabel. Sebaliknya, ini adalah cara baru untuk membuat koneksi internet melalui gelombang radio sinyal rendah. Tidak seperti gelombang radio biasa, yang terpengaruh oleh objek dan struktur, gelombang ini tidak terhalang dan tidak menjadi rusak. Mereka juga jauh lebih kuat daripada sinyal gelombang mikro, yang berarti bahwa pengguna dapat mengunduh aplikasi dua kali lebih banyak, menonton video empat kali lebih banyak, menjelajahi web 2.0 lebih cepat, dan terhubung dengan orang-orang di belahan dunia lain hanya dengan mengetuk tombol.

Teknologi Lifi memiliki beberapa keunggulan daripada alternatif saat ini. Untuk satu hal, ini memungkinkan pengunggahan yang jauh lebih cepat ke perangkat seluler. Mengunggah aplikasi dan konten dengan kecepatan tinggi dapat dilakukan dalam waktu singkat berkat tambahan antena wifi ke tablet dan ponsel pintar. Selain itu, frekuensi untuk mengirimkan data dapat tersebar ke wilayah yang lebih luas menggunakan spektrum terdistribusi yang tersedia untuk Teknologi Lifi. Frekuensi ini dapat mencapai area yang biasanya tidak dapat kita akses dengan metode tradisional.

Selain itu, Teknologi Lifi kini memberikan dukungan untuk smartphone terkini, seperti iPhone dan Blackberry. Karena banyak pengguna Teknologi Lifi memiliki akses ke internet di ponsel pintar mereka, mungkin untuk tetap terhubung dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin mereka lakukan. Bahkan pengguna yang tidak memiliki ponsel pintar dapat menggunakan browser ponsel untuk menjelajahi web. Dan memeriksa situs jejaring sosial pada waktu yang lebih cepat dan mudah daripada jaringan nirkabel tradisional.

Teknologi Mutakhir Yang Bermanfaat Bagi Lingkungan

Seperti disebutkan di atas, Teknologi Lifi sekarang menyediakan dukungan untuk empat jenis jaringan berbeda yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dan berinteraksi terlepas dari perbedaan geografis atau zona waktu: USB, 3G, GPRS, dan pencahayaan LED. Teknologi ini bekerja dengan dengan banyak perangkat. Termasuk kamera, tablet, telepon, laptop, sistem penentuan posisi global, perangkat pelacak GPS, serta peralatan industri dan bentuk lain dari peralatan transportasi manusia. Dengan sebagian besar perangkat ini, Lifi menggunakan protokol standar yaitu MMS untuk menghubungkan pengguna yang sedang berkomunikasi di luar wilayah mereka. Proses koneksi ini juga menggunakan LED berenergi rendah (Light Led Light) yang menghasilkan sinyal visual setiap kali gerakan terdeteksi.

Manfaat teknologi Lifi tidak hanya terbatas pada perangkat yang digunakan oleh konsumen saat bepergian. Insinyur dan ilmuwan saat ini sedang mengerjakan aplikasi baru untuk bentuk teknologi mutakhir yang dapat bermanfaat bagi lingkungan kita. Salah satu aplikasi tersebut mencakup pembuatan detektor foto untuk robot dan bentuk teknologi lain yang dapat kita pakai. Aplikasi lain berfokus pada pembuatan tautan foto antara balon dan pesawat yang terpakai untuk pertunjukan udara. Aplikasi masa depan untuk Bentuk komunikasi cahaya tampak mutakhir ini mungkin terbukti berguna dalam membantu menemukan orang hilang. Lalu mencegah hilangnya bahan bakar pesawat karena kesalahan pilot, atau dalam mendeteksi gerakan di dalam kendaraan yang bergerak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*